Kamis, 29 November 2012

Melindungi akun facebook dari hacker




Penelitian yang dilakukan oleh suatu perusahaan Internet security, Commtouch, menyebutkan bahwa sebagian besar pengguna Facebook berada pada tingkat tinggi untuk terkena hack oleh tangan jahil hacker, bahkan ketika mereka percaya bahwa mereka tidak melakukan hal-hal yang berisiko dan terdapat 62% tidak menyadari bagaimana akun mereka sebenarnya telah dihack. Facebook mengatakan lebih dari 600.000 usaha dari tangan jahil hacker setiap harinya untuk mengetahui cara membuka Facebook orang lain. Tidak diketahui telah berapa banyak usaha membuka akun Facebook orang lain tersebut yang sukses.
Akun Facebok yang dibobol bisa saja merusak reputasi pribadi dan profesional. Hal ini tentunya sangat serius ketika orang lain yang menggunakan akun FB Anda berbicara seperti Anda. Jika akun Anda dihack dan mulai menyebarkan virus atau spam ke teman dan pengikut Anda, mungkin saja ini akan mengakibatkan putusnya koneksi dalam jaringan sosial Anda.
Untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada akun Facebook Anda, berikut beberapa tips bagaimana cara melindungi akun Facebook Anda dari tangan jahil hacker:

  • Seringlah mengubah password akun Facebook Anda, setidaknya 1 kali dalam 3 bulan. Bikin password minimal 8 karakter dengan menyertakan angka dan simbol.
  • Periksa pengaturan account Anda di Facebook terutama privacy settings Facebook. Hapus aplikasi Facebook yang dapat menginstal sendiri seperti Cityville. Banyak aplikasi Facebook yang disalahgunakan dan bisa di-download dengan menyertakan program untuk mengetahui password Facebook orang lain. Lihatlah settingan hak akses yang Anda izinkan pada aplikasi yang dinstal dalam akun Anda, kemudian memutuskan apakah Anda ingin terus membiarkan mereka mengakses akun Anda. Jika ada aplikasi yang Anda tidak gunakan, lebih baik menghapusnya.
  • Mengubah password pada account email yang Anda gunakan untuk login ke Facebook. Menggunakan akun email sekunder untuk menerima alert Facebook Anda.
  • Log out dari Facebook setiap kali Anda menyelesaikan sesi penggunaan akun.
  • Mengaktifkan browsing “https://” dalam pengaturan Facebook Anda. Juga, mengaktifkan semua fitur account security Facebook dalam pengaturan seperti teks pemberitahuan ketika seseorang log in ke account Anda dari lokasi atau perangkat yang tidak diketahui.
  • Jangan menerima permintaan teman dari orang yang Anda tidak tahu atau belum pernah bertemu dan tidak mengklik link yang mencurigakan. Tentunya hal ini merupakan tindakan yang masuk akal demi keamanan akun Facebok Anda.
  • Ubah password Anda. Jika Anda memiliki beberapa account menggunakan password yang sama, sebaiknya rubah semua. Saya tidak bisa mengatakan ini cukup, tetapi idealnya semua password Anda harus unik dan sulit ditebak.
  • Laporkan akun Facebook Anda ke pihak Facebook sebagai cara mendapatkan password Facebook yang dihack. Facebook memiliki halaman di mana Anda dapat melaporkan jika terjadi hack.
  • Bersihkan setiap aplikasi atau hak akses yang tidak Anda kenal.
  • Hapus status, pesan, wallposts, dll, yang tidak dibuat oleh Anda. Ambil screenshot dari mereka terlebih dahulu untuk catatan Anda, terutama jika itu adalah akun bisnis FB Anda yang telah dihack.
  • Jalankan scan malware/antivirus dari komputer fisik Anda dan pastikan sistem anda sepenuhnya up to date.
  • Log out dari akun FB Anda kemudian menghapus data pribadi pada browser dan buka FB Anda lagi menggunakan mandat yang baru.


Apa yang terjadi jika Anda dihack? Kuncinya adalah bertindak cepat dan lakukan hal berikut:
Meskipun tips tentang bagaimana cara melindungi/memproteksi akun Facebook dari hacker ini difokuskan pada hacking Facebook, cara ini juga berlaku untuk proteksi email dan platform lainnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar